PASANGAN SAYA KOK NGGAK PENGERTIAN, SIH?
ANAK-ANAK KENAPA SUSAH DIATUR YA?
MERTUA SAYA SELALU SALAH PAHAM KALAU DIAJAK NGOBROL
Previous
Next

Mungkin sebenarnya Anda yang belum saling mengenal Karakter & Kepribadian mereka.

Sebentar! Memang Apa Sih Kepribadian Itu?

Kepribadian adalah tingkah laku atau sikap sehari-hari yang menjadi ciri khas seorang manusia.
Kepribadian merupakan ciri khas yang istimewa dan sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga menjadi penting untuk diketahui.

Bagaimana Kepribadian Manusia Terbentuk?​

Kepribadian manusia terbentuk dari proses genetis dan pengaruh lingkungan. Genetis terbawa sejak manusia di dalam kandungan, lingkungan memberi peran setelah anak dilahrikan. Keduanya saling terkait membentuk kepribadian seseorang hingga menjadi dewasa. Kepribadian merupakan ciri khas yang istimewa dan sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga menjadi penting untuk diketahui. ​

Kepribadian Diibaratkan Sebagai Spektrum Warna

Setiap orang berbeda dan unik! Tapi tetap dapat dipetakan, sebagai bentuk simplifikasi. Tujuannya agar kita akan lebih mudah memproyeksikan diri kita dan mengenal diri kita dengan lebih dalam. Jika diibaratkan seperti spektrum warna, Pemetaan Kepribadian seperti mengelompokan jenis warna tertentu. Meski memiliki gradasi yang berbeda-beda, tapi tetap dapat dikelompokan menjadi satu jenis warna.

Kepribadian Bisa Dipetakan Dengan Sidik Jari​

Ilmu yang mempelajari sidik jari bernama dermatoglyphic, yaitu bidang keilmuan yang mempelajari pola punggungan epidermal (atau puncak papiler) pada jari-jari dan telapak tangan (sidik jari).

Menurut Exploring the Role of Dermatoglyphics in Learning- A Case Study, 2015, pengetahuan dermatoglyphic ini dapat digunakan sebagai sebuah pondasi menuju pemahaman tentang sifat pola berpikir dan penalaran suatu subjek. Setiap orang memiliki tonjolan yang berbeda dan unik pada jari tangan dan telapak tangan ditentukan secara genetic, bawaan sejak lahir.

Pola-pola ini unik dan sangat terkait dengan komposisi genetik seseorang terkait erat dengan sistem saraf pusat.

Tes berdasarkan dermatoglyphics dapat mengungkap karakter dan bakat intrinsik, gaya belajar dan faktor kepribadian lainnya. Dermatoglyphics mengungkapkan bakat genetis yang belum terungkap, berdampak pada proses membangun kepercayaan diri dan pilihan akademis dan memilih karir dengan lebih terencana.

Berkenalan Dengan DISC Profiling

Pada awal tahun 1920an, seorang psikolog dari Amerika Serikat, Dr. William Moulton Marston, mengembangkan teori untuk menjelaskan respon emosional seseorang.

Awal mulanya kebutuhan ini dirancang untuk memetakan potensi tentara AS pada tahun tersebut untuk menentukan posisi atau jabatan seseorang, dengan pertimbangan seseorang akan efektif bekerja jika posisi yang diberikan sesuai dengan kepribadiannya.

Setelah melakukan penelitian terus menerus, kepribadian DISC telah digunakan hingga puluhan tahun lamanya hingga kini karena dianggap representatif menggambarkan keperibadian seseorang.

DISC adalah salah satu instrumen penilaian diri yang paling banyak diteliti, diandalkan dan populer untuk mempelajari gaya kepribadian. Dan lebih dari 30 juta orang di seluruh dunia telah menggunakan pendekatan perilaku DISC ini.

DISC membantu orang menjelajahi dan menyelami perilaku di empat dimensi utama; Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance.

Dominane

Orang dengan kepribadian dominan pada sisi DOMINANCE ini menyukai tantangan, menyukai keputusan yang diambil dengan cepat. Tidak takut pada konflik, percaya diri dan memiliki visi yang besar untuk mengubah lingkungannya.

Kepribadian ini akan menjadi tipe yang menuntut diri sendiri dan juga orang lain jika keadaan terdesak dan akan menjadi mendominasi, mengontrol, kurang komunikatif dan kurang memiliki pendekatan emosional kepada lingkungannya.

Influence

Orang dengan kepribadian dominan pada sisi INFLUENCE memiliki ciri suka membangun relasi dengan orang lain, berkomunikasi dan bekerja dengan orang lain, selalu nyaman ketika di dalam kelompok.

Orang dengan kepribadian ini selalu antusias dan semangat, mudah percaya kepada orang lain dan sangat menghargai orang lain. Influence juga seringkali menjadi inspirasi untuk orang disekitarnya, tidak menyukai penolakan dari lingkungan, terkadang ceroboh dan tidak rapi atau teliti.

Compliance

Orang dengan kepribadian dominan pada sisi COMPLIANCE memiliki ciri yang menyukai hal yang berkaitan dengan detail mengikuti mengikuti prosedur dan tanggung jawab.

Compliance penuh pertimbangan, kritis, menyukai kesempurnaan, memiliki standar pekerjaan yang tinggi dan akan serius untuk mewujudkannya.
Namun orang compliance lambat dalam mengambil keputusan karena segala keputusannya memerlukan waktu dan harus dipertimbangkan dengan terorganisir, kurang dapat menerima kritik dan kurang dapat menerima perubahan lingkungan yang mendadak.

Steadiness

Orang dengan kepribadian dominan pada sisi STEADINESS memiliki ciri sabar, tekun dan penuh perhatian. Pembawaannya cukup tenang, pertimbangannya dalam mengambil keputusan dalam, tidak mudah bosan terhadap pekerjaan rutin.

Tidak menyukai konflik dengan sekitar dan menyukai lingkungan tidak banyak perubahan. Steadiness selektif dalam memilih teman, tidak menyukai perubahan yang mendadak dan cenderung bertahan jika sudah memiliki pendirian.

Ikuti Tes Biometric Untuk Mengenal Kepribadian,
Potensi, dan Bakat Anda Beserta Orang-Orang Terdekat.

Manfaat Tes Biometric :

Memetakan fungsi otak dominan

Membantu mengetahui potensi genetis

Memetakan pola pengasuhan

Membantu memahami cara berkomunikasi

Harga

Untuk 1 orang

Rp 250.000

Paket couple untuk 2 orang

Rp 398.000

Anda akan mendapatkan :

Laporan menyeluruh mengenai kepribadian Anda sebanyak 17 halaman

Konsultasi dengan tim psikologi profesional

Akses ke grup Eksklusif ‘Sahabat Biometric’ yang akan terus update informasi dan materi mengenai parenting, kepribadian, dan lain-lain